Tidak terasa bulan Ramadhan tahun ini sudah di depan mata. Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pada umumnya, umat muslim sangat antusias menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan mempersiapkan segala hal agar lebih bersemangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan nantinya. Maka dari itu, amalan apa saja sih yang baik untuk kita lakukan ketika menyambut bulan Ramadhan, simak sebagai berikut:

  1. Menuntaskan hutang puasa,

Sebagaimana disebutkan dalam surah Al Baqarah: 184, yang berbunyi

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍ قلى فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ اَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ قلى وَ عَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗفِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ قلى فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لهٗ قلى وَ اَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ.

Artinya:

“Barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.”

Dari ayat tersebut kita tahu, orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan mampu menggantinya, sebaiknya segera mengganti puasa tersebut agar terbebas dari tanggungan. Para ulama menekankan agar puasa itu dilunasi sebelum datang Ramadhan berikutnya.

  1. Menyambut Ramadhan dengan penuh gembira

seperti telah dijelaskan sebelumnya, bulan Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah. Adapun beberapa keistimewaan menyambut bulan Ramadhan dalam kitab Durratun Nashihin yaitu sebagai berikut: 

Nabi Muhammad ﷺ bersabdah:

“Man fariha bidukhuuli ramadhaana harramallaahu jasadahu ‘alan niiraani.”

Artinya:

“Barangsiapa merasa gembira dengan masuknya bulan Ramadan, maka Allah mengharamkan tubuhnya terhadap neraka.” (HR. an-Nasa’i)

Begitulah ungkapan Rasulullah Saw. yang disampaikan oleh banyak pemuka agama menjelang datangnya Ramadhan. Maka dari itu Penting nih sahabat untuk kita menyambut dengan suka cita demi mendapat keutamaan-keutamaannya.

  1. Mempelajari ilmu tentang Ramadhan

Ada ungkapan ulama besar yang secara garis besar menyatakan, siapa saja yang melakukan amal ibadah tanpa ilmu, tanpa pengetahuan, tanpa kemengertian, amal-amalnya tidak akan diterima Allah SWT. 

Menghadapi bulan suci Ramadhan yang mulia ini, kita sudah tidak punya jalan untuk menghindar dari memahami tentang hukum-hukum dan menjalani puasa dengan baik. Ajaran Islam itu ada yang harus diketahui siapa pun seketika. Pentingnya ilmu yang kita pelajari demi menjaga kemurnian, kekhusyu’an dan ke absahan suatu ibadah.

Yukk sahabat, kita perdalam Kembali untuk menyambut bulan penuh berkah ini .

Dan jangan lupa, baiknya kita berdoa memohon agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan, memohon agar diberi kesehatan jasmani agar bisa melaksanakan seluruh amalan-amalan utama saat bulan Ramadhan, dan semisalnya, Wallahu a’lam

Sekian pembahasan kali ini sobat Qur’an, sampai jumpa di pembahasan kita berikutnya yaa.

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.
~ H.R. Bukhari ~

DAFTAR SEKARANG
×

Assalaamu'alaikum!

Klik kontak dibawah ini untuk chat dengan Admin atau kirim email ke yayasanakademialquran@gmail.com

× Butuh informasi lebih lanjut?