Kelas Tahsin Reguler Akhwat

0Shares

Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Qur’an adalah kalamullah. Keutamaan membaca Al-Qur‘an yaitu atas segala perkataan seperti keutamaan  Allah SWT bagi seluruh mahluk-Nya. Membaca Al-Qur’an  adalah amalan yang paling utama dilakukan oleh lisan atau lidah orang yang membacanya.

Hari gini belum bisa ngaji?

Merasa tidak punya waktu untuk membaca Al-Qur’an? Padahal di dalamnya terdapat pahala yang besar. (HR. Tirmidzi No. 2835)

Merasa kesulitan belajar Al-Qur’an? Padahal membacanya sangat mudah dan mendatangkan kebaikan. (QS. Al-Qamar:17)

Malas membaca Al-Qur’an? Padahal di dalamnya terdapat petunjuk untuk hidup di dunia. (QS. 2:285)

Merasa sudah tidak muda lagi? Padahal kewajiban belajar itu dari buaian hingga ke liang lahat. (HR. Bukhari)
Merasa malu karena tidak bisa membaca Al-Qur’an? Jangan berkecil hati, anda tidak sendiri. Tidak ada istilah terlalu tua untuk belajar

Ibadah tuh bukan cuma sekedar shalat, puasa, dan sedekah. Membaca Al-Qur’an juga termasuk ke dalam ibadah paling utama di antara ibadah-ibadah lainnya. Seperti yang Rasulullah saw sampaikan di dalam hadits:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

Akademi Al-Qur’an sebagai sebuah lembaga pendidikan Al-Qur’an merasa terpanggil untuk menuntaskan masalah tersebut, agar masyarakat kembali kepada Al-Qur’an.

Mengapa Akademi Al-Qur’an..?

  • Mudah, metode belajar mudah diikuti oleh semua usia.
  • Sistematis, Kurikulum dibuat berjenjang sesuai dengan kemampuan peserta.
  • Kompeten, Tenaga pengajar dipilih secara selektif dan telah mendapatkan pelatihan.
  • Sesuai pilihan, tersedia berbagai pilihan kelas dengan keunggulan dan kemudahan masing-masing.
  • Sesuai Kaidah, mengembalikan setiap huruf ke makhraj (tempat keluar) asalnya dan menerapkan sifat huruf pada hukum bacaan.
  • Berbagi, mengaji sekaligus bersedekah dengan hasil subsidi silang bagi kaum dhuafa dan anak jalanan.

Tentukan sendiri, mau bimbingan tatap muka dengan pengajar atau belajar Online dari rumah kamu! Bisa benget.

Tenaga pengajar yang kompeten

  • Pengajar kami dipilih dan diseleksi secara selektif. Dengan mengikuti serangkaian test. Mulai dari interview, test membaca Al-Quran, test pengetahuan seputar ilmu Al-Quran, praktek mengajar, ujian lisan dan ujian tulis.
  • Latar belakang pendidikan. Pengajar Akademi Al-Quran adalah alumni dari berbagai pesantren, institut dan universitas terbaik di bidang Al-Quran. Beberapa di antaranya adalah, Gontor Jawa Timur, LIPIA Jakarta, UIN Jakarta, IIQ, PTIQ, Utsman Bin Affan Jakarta, dll.
  • Syarat memiliki hafalan minimal 1 Juz. Syarat untuk bisa menjadi pengajar Akademi Al-Quran yaitu selain harus memiliki bacaan yang baik juga harus memiliki hafalan minimal 1 Juz.
  • Memiliki tenaga pengajar Hafidz dan hafidzah. Beberapa tenaga pengajar Akademi Al-Quran adalah seorang Haafidz dan Haafidzah (menghafal 30 juz) mutqin, beberapa diantaranya telah bersanad, diantaranya adalah pewaris sanad Al-Quran Hafs ‘an ‘Ashim dan Sanad Qiroah riwayahah Hafs dan Syu’bah.

Dengan total 115 tenaga pengajar dan 50 pengajar aktif tersebar di daerah Jabodetabek.

APA SAJA SIH Program kelas Akademi Al-Qur’an?

  • REGULER
    Bimbingan dan pelatihan di lakukan di kelas Akademi Al-Qur’an, dengan fasilitas ruangan ber-AC dan menggunakan media infocus. Jumlah peserta di kelas ini antara 8 hingga 10 orang.
  • PRIVAT

Diperuntukkan bagi calon peserta yang memiliki keterbatasan waktu dan jarak yang jauh untuk datang ke kelas Akademi Al-Qur’an. Waktu pelaksanaan bimbingan sangat fleksibel sesuai dengan kesepakatan calon peserta dan pengajar.

  •        KERJASAMA

Pilihan bagi lembaga, instansi, atau perusahaan yang ingin mengadakan program kelas bimbingan Al-Qur’an bagi karyawan di lingkungan kantor. Minimal peserta dalam satu kelas adalah 10 orang.

Program Bimbingan Akademi Al-Qur’an:

  • Pemula

Tingkatan tahsin bagi peserta yang sama sekali belum mengenal huruf Hijaiyah. Bimbingan melingkupi pengenalan huruf dan dasar-dasar makhraj.

  • Pra Tahsin

Tingkatan tahsin bagi peserta yang sudah mengenal huruf Hijaiyah dan mengenal huruf sambung. Bimbingan melingkupi pengenalan tanda baca hingga dasar hukum bacaan.

  • Tahsin Dasar

Tingkatan tahsin bagi peserta yang sudah bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an namun banyak kesalahan dalam bacaannya. Bimbingan meliputi pendalaman makhraj, panjang bacaan (mad), serta hukum bacaan.

  • Tahsin Lanjutan

Tingkatan tahsin bagi peserta yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, namun masih perlu mendalami dan mengetahui bacaan gharib. Bimbingan melingkupi pendalaman makhraj, pendalaman hukum bacaan, dan bacaan gharib.

  • Mahir

Tingkatan tahsin bagi peserta yang sudah bagus bacaannya dan sudah menguasai bacaan gharib, namun perlu mendalami teori tajwid. Bimbingan mengkupi pendalaman makhraj, sifat huruf, pendalaman hukum bacaan, dan jenis mad.

  • Pengantar Talaqqi

Tingkatan tahsin bagi peserta yang ingin membaca Al-Qur’an di hadapan guru agar diperiksa bacaannya.

  • Tahfidz

Diperuntukkan bagi peserta yang ingin menghafal sebagian atau seluruh ayat Al-Qur’an.

  • Bahasa Arab

Program Bahasa Arab dengan metode practice, belajar dari dasar, dimana peserta diajarkan dan dilatih untuk mempraktekkan materi dan kosakata yang telah didapat di kelas. Belajar Bahasa Arab jadi lebih menyenangkan dan mudah difahami, karena pengajar melibatkan peserta secara interaktif.

0Shares

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *